• Jumat, 7 Oktober 2022

Teks Khutbah Jumat Edisi 29 Juli 2022 Penuh Makna Tentang Keistimewaan dan Hikmah Bulan Muharram

- Kamis, 28 Juli 2022 | 08:01 WIB
Teks khutbah Jumat edisi 29 Juli 2022 menyambut bulan Muharram 1444 H. (freepik/freestockcenter)
Teks khutbah Jumat edisi 29 Juli 2022 menyambut bulan Muharram 1444 H. (freepik/freestockcenter)

Masagipedia.com - Berikut ini naskah atau teks khutbah Jumat edisi 29 Juli 2022 terbaru, singkat, penuh makna dan menyentuh hati.

Naskah khutbah Jumat dapat dijadikan sebagai referensi bagi khatib untuk menyampaikan dakwah dalam khutbah sholat Jumat dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H.

Adapun naskah khutbah Jumat ini membahas mengenai keistimewaan dan hikmah bulan Muharram sebagai awal bulan pada tahun hijriah dalam kalender Islam.

Baca Juga: 3 Contoh Teks Pembukaan Khutbah Jumat Bahasa Arab Sesuai dengan Rukun Khutbah

Berikut khutbah Jumat dengan tema keistimewaan dan hikmah bulan Muharram, yang dilansir masagipedia.com dari laman NU Online.

Naskah Khutbah Jumat tentang bulan Muharram singkat, terbaru dan bermakna
Khutbah Jumat Pertama

اَلْحَمْدُ للهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارْ، اَلْعَزِيْزِ الْغَفَّارْ، مُكَوِّرِ اللَّيْلِ عَلَى النَّهَارْ، تَذْكِرَةً لِأُولِى الْقُلُوْبِ وَالْأَبْصَارْ، وَتَبْصِرَةً لِّذَوِي الْأَلْبَابِ وَالْاِعْتِبَارْ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِٰلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهْ الْمَلِكُ الْغَفَّارْ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُ الْخَلاَئِقِ وَالْبَشَرْ. اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأٰلِهِ وَصَحْبِهِ الْأَطْهَارْ. أَمَّا بَعْدُ

فَيَآأَيُّهَا الْمُسْلِمُوْنَ! أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ فَقَدْ فَازَ مَنِ اتَّقَى. فَقَالَ اللهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ فِيْ سُوْرَةِ الْبَقَرَةِ: أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ ٱللّٰهِ ٱلرَّحْمٰنِ ٱلرَّحِيمِ

إِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوا وَالَّذِيْنَ هَاجَرُوا وَجَٰهَدُوا فِيْ سَبِيْلِ اللهِ أُولَٓئِكَ يَرْجُوْنَ رَحْمَتَ اللهِۚ وَاللهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ.

Saudara-saudara Kaum Muslimin, jamaah shalat Jumat yang dirahmati Allah,

Baca Juga: Khutbah Jumat Bulan Muharram 1444 H Terbaru, Singkat, Padat dan Menyentuh tentang Muharram Bulan Mulia

Bulan Muharram adalah satu di antara bulan-bulan yang mulia (al-asyhur al-hurum), yang diharamkan berperang di bulan ini. Ia dipandang bulan yang utama setelah bulan Ramadhan. Oleh karenanya, kita disunnahkan berpuasa terutama pada hari ‘Asyura, yakni menurut pendapat mayoritas ulama, tanggal 10 Muharram.

Halaman:

Editor: Taufiq Fadhilah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X